Mencuci Motherboard dengan Air dan Sabun !

Iseng iseng jalan2 cari artikel, nemu beginian di Kaskus. Mencuci motherboard dengan air dan sabun. Pernah sih denger hal serupa dari pak guru ku. Tapi belum pernah dapet literaturnya. Nah, kali ini kita belajar barengyuk tentang mencuci motherboard dengan air dan sabun !

Tapi, ingat ya, artikel ini sebatas sharing, saya tidak bertanggung jawab dengan efek ketika di praktekkan

Oke, langsung aja

Bahan

- Ember besar seukuran motherboard

- Sabun pembersih: Anda dapat menggunakan deterjen pakaian atau cairan pencuci peralatan dapur. Saya lebih merekomendasikan menggunakan cairan pencuci peralatan dapur, karena tidak meninggalkan noda deterjen.

- Air bersih

- Sikat gigi bekas

- Kuas cat bersih ukuran kecil

- Lap serat sintetis

- Tweezer/pinset

- Obeng pipih





2. Langkah Pencucian

a. Lepaskan chip atau IC yang tidak menempel langsung di motherboard, seperti CMOS. Congkel dengan sangaat hati2 menggunakan obeng pipih.
 Lakukan langkah yang sama bila ada chip yang ditancapkan ke dudukannya.
b. Lepas Prosesor, fan prosesor, memory, batere cmos, dan lain2. jumper ga usah dicopot ga apa2 yang penting waktu nyuci ga ada yang lepas.
c. Bersihkan debu2 dengan kuas kering
d. Tuang air dalam ember, masukkan cairan pembersih, aduk rata.
e. e. Pelan-pelan masukkan motherboard ke dalam ember yang berisi air, sikat pelan-pelan seluruh permukaan motherboard dengan sikat gigi hingga air berbusa. Pastikan sela-sela kaki chip yang tersolder disikat juga.  Slot PCI, memory, vga juga disikat.
Perhatian:
Untuk motherboard prosesor Intel LGA dan diatasnya, pin rumah prosesor tidak usah disikat, karena pinnya gampang bengkok!Awas!






  Bila sudah yakin semua bagian sudah disikat. Biarkan motherboard dalam rendaman cairan pembersih selama kurang lebih 30 menit.  3. Langkah Kerja Pengeringan
Pada langkah berikutnya, motherboard sudah berada di posisi perendaman selama 30 menit dan sudah bersih dari kotoran.

a. Angkat motherboard dengan hati-hati, miringkan posisi motherboard sehingga air mengucur keluar dari motherboard. Tunggu hingga tidak ada air yang menetes dari motherboard.

b. Lap bagian motherboard yang terjangkau menggunakan lap sintetis.
c. Keringkan motherboard dengan diangin-anginkan di tempat yang aman. Jangan menjemur motherboard dibawah sinar matahari langsung. Diamkan motherboard di tempat yang kering dan terlindung selama kurang lebih satu jam.

d. Setelah dikeringkan dengan cara alami diatas, gunakan hair dryer untuk mengeringkan sisa-sisa air. Setelan hair dryer tidak boleh terlalu panas. Setelan temperatur hair dryer maksimum di posisi 50%, dan kuat hembusan juga maksimum 50%. Semprotkan hair dryer pada seluruh motherboard, terutama di sela-sela chip dari jarak ± 20 cm.

e. Diamkan kembali motherboard selama 30 menit, dan setelah itu semprot kembali dengan hair dryer. Pastikan kali ini tidak ada air yang masih berada di motherboard, karena air bersifat korosif dan konduktif, dan akan merusak komponen motherboard.
4. Langkah Akhir
Bila anda sudah yakin motherboard sudah bebas air, pasang kembali semua komponen pada motherboard, dan nyalakan komputer. Bila memang motherboard bisa menyala kembali, jangan lupa mengatur BIOS, karena posisi BIOS sudah tereset karena batre CMOS sebelumnya dicabut.   Bagaimana /? Berani mencoba ?   

0 komentar:

Posting Komentar